Jenis Jenis GUNPLA

 

Gunpla atau gundam model plastik merupakan model yang menggambarkan karakter fiksi yang terdapat dalam aniem gundam yang di produksi oleh bandai. Di kalangan para pecinta atau penggemar mobile kit anime mecha, gunpla menjadi sangat populer bahkan hingga negara negara asia di dekat nya sejak tahun 1980-an. Pada tahun 1990 penyebaran gunpla mulai merambah ke negar negara di amerika utara dan eropa melalui televisi, video dan manga. Gunpla sendiri di jepang dikenal dengan sebutan ganpura karena berbahan plastik dan plastik menjadi bahan yang umum untuk pembuatan model kit.

Sejak pertama kali dirilis gundam model kit telah mengalami peningkatan yang sangat konstan dalam design kwalita dan tehnik perakitan yang dilakukan oleh bandai. Ada beberapa jenis gunpla yang di bagi kedalam beberapa katagori berdasarkan skala, tingkat kesulitanm bahan pembuatan dan kesempurnaan dalam model.

High Grade (HG)

3282

High Grade merupakan cetakan gunpla yang tingkatan nya telah diperbaiki dan mulai dari produksi pertama bandai pada tahu 1980 dan mulai dipasarkan pada tahun 1990. Kit kedua sejak pertama di produksi ini memiliki skala 1 : 144 atau 1 : 100, gunpla high grade ini mampu menyediakan berbagai jenis gerak atau posebility lebih banyak di bandingkan gunpla produksi pertama. Perlu diketahui juga bahwa SEED dan SEED DESTINY skala 1 : 100 tidak mencatumkan jenis grade pada box ataupun panduan manualnya, Tapi model jenis ini dianggap High Grade Atau HG dalam Hal Kualitas, Untuk Harga Gunpla HG berkisar Rp.120.000 – Rp.400.000.

High Grade Universal Century (HGUC)

20654

Merupakan genis gunpla yang dirilis pada tahun 1999. Gunpla model HGUC memiliki skala       1 : 144, dan jenis ini merupaka pengembangan dari Gunpla model High Grade tetapi dalam proses produksinya HGUC memiliki desain lebih halus dan telah mengunakan teknologi injection yang lebih modern. Maka pantas jika gunpla model HGUC merupakan pewaris sah dari seri HG yang dirilis pada tahun 1990-an. Hal ini bisa dilihat dari Desain nya yang baru dengan pengembangan mekanik baru dari seri leluhurnya terus dipeerkenalkan bahkan berlanjut hingga hari ini. Dan pada tahun 2013 semua prject gundam mulai dirilis berpatok pada Gundam High Grade sebagai patokan dasar dalam memproduksi gundam, untuk harga sama dengan HG hanya saja berbeda tipe.

Real Grade (RG)

RG Wing Gundam EW (5)

Gundam seri Real grade mulai diperkenalkan pada bulan Juli 2010 deengan memakai skala 1:144, dan peluncuran ini juga sekaligus memperingai ulang tahun gundam yang ke 30. Tipe ini merupaka pengembangan dari tipe Master Grade Dan Real Grade oleh karena itu  model ini memiliki garis dan memiliki kerangka kerangka dalam dan banyak sendi untuk digerakan dari tipe gundam sebelumnya. Harga Gunpla RG dipatok sekitar Rp290.000 – Rp400.000, bahkan hingga Rp800.000.

MasterGrade(MG)

 

Post-3-Img-4-1024x682Tingkatan Selanjutnya dalah MASTER GRADE atau MG, yanmulai diperkenalkan pada tahun 1995 dan hanya tersedia dalm skala 1:100. Kit model ini di produksi dengan menggunakan bahan plastik yang memiliki kwalitas yang tinggi dan cetakan yang di hasilkannya pun memiliki stndar dan kwalitas yang tinggi, sehingga tidak heran jika harga Gunpla model ini lebih mahal dari pada jenis gunpla Sebelumnya memiliki kerumitan yang tinggi sehingga membutuhkan penyelesaian yang cukup memakan waktu dalam merangkainya dan harus meiliki ketelitian yang cukup lumayan dalam merangkai dan mengecatnya  namun itu tidak akan menjadi  masalah bagi para builder gundam. Harga yang biasa kamu temukan di pasar pada Master Grade adalah sekitar Rp400.000 – Rp1.000.000.

Perfect Grade ( PG)

49455_orig

Gundam Model kit Tertinggi Perfect Grade (PG), mulai diperkenalkan pada tahun 1998. Memiliki skla 1:60 model ini di produksi dengan plastik yang berkwalitas dan logam komponen dengan kwalitas tinggi. Gundam seri PG ini mengharuskan untuk memasangkan skrup di tiap perakitan nya dan membutuhkan kabel kecil untuk pemasangan lampu LED kecil. Karena harga nya lumayan mahal maka Gundam dengan seri ini dipasarkan Terbatas, Serta Dalam Perakitan nya membutuhkan waktu beberapa hari bahkan minggu. Harga Gunpla PG sekitar Rp.1,5 juta -Rp.3 juta.

Super Deformed (SD)

3

Super Deformed adalah versi Gunpla yang paling unyu, lucu, dan juga imut. Ketinggian Gunpla ini hanya sekitar 8-10cm saja. Super Deformed adalah Gunpla keluaran terbaru yang sangat berbeda dengan versi lainnya. Berbeda dengan versi lainnya dimana kamu bisa membentuk pose setiap Gunpla sesuai dengan keinginanmu, Super Deformed memiliki ruang gerak yang sangat terbatas karena ukuran tubuhnya yang kecil dan joint part yang tidak fleksibel. Saya rasa ini wajar-wajar saya karena Super Deformed memang tidak dibuat untuk menjadi Gunpla yang poseable, melainkan hanya untuk ditampilkan dalam bentuk yang lucu saja.

Saya rasa ini merupakan angin segar di dunia Gunpla yang bisa mencairkan suasana karena bentuknya yang tidak biasa dan unik.Super Deformed hadir dengan ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan badannya. Inilah yang membuatnya lebih unik ketimbang teman-temannya yang lain. Super Deformed cocok bagi orang yang tidak suka kerumitan dan menginginkan sesuatu yang lebih simple. Harga Gunpla SD ini bisa kamu dapatkan di pasaran dengan harga sekitar Rp70.000 – Rp150.000.

google9800b01352aca4d8.html

Leave a comment